Kenapa iPhone 5 Tidak Bisa 4G LTE? Ini Dia Alasannya

Banyak dari pengguna iPhone 5 yang bertanya, kenapa iPhone 5 saya tidak bisa mendapatkan sinyal 4G LTE padahal sudah menggunakan SIM Card atau provider yang sudah 4G, daerah sini juga sudah mendukung jaringan 4G, apakah memang iPhone 5 tidak bisa mengaktifkan jaringan 4G? Hmm, pada dasarnya iPhone 5 ini hardware nya sudah mendukung konektivitas 4G namun alasannya tidak bisa mengaktifkan jaringan 4G yaitu karena perbedaan frekuensi 4G yang digunakan di Indonesia.

Ada 3 model iPhone 5 yang masing-masing memiliki frekuensi (band) yang berbeda-beda setelah itu kita lihat frekuensi dari operator atau penyedia provider di Indonesia dan hasilnya memiliki frekuensi yang berbeda sehingga sulit untuk mendapatkan sinyal 4G di iPhone 5. Salah satu contohnya iPhone 5 model A1428, nah model tersebut merupakan model khusus untuk jaringan AT&T di Amerika Serikat (US) dan Kanada.


Apakah model tersebut bisa digunakan pada jaringan 4G di Indonesia? Mungkin jawabannya adalah tidak sebab jaringan LTE di suatu negara tidak selalu kompatibel, apalagi di Amerika Utara seperti Kanada dan Amerika Serikat, dimana jaringannya sedikit berbeda dibandingkan negara lain. Nah, jika model iPhone 5 kamu adalah A1428 maka kemungkinan besar untuk mengaktifkan jaringan 4G di Indonesia sangatlah sulit karena perbedaan frekuensi.

Solusi yang paling ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah membongkar komponen yang berhubungan dengan jaringan dan menggantinya dengan komponen jaringan yang mendukung frekuensi di Indonesia. Selain itu, jika kamu sangat ingin menggunakan jaringan 4G maka lebih baik mengupgrade atau membeli iPhone model terbaru. Tips jika membeli iPhone supaya tidak mendapatkan masalah pada sisi jaringannya adalah sebaiknya membeli ditempat resmi sebab spesifikasinya sudah cocok untuk negara masing-masing.